Forum - MUSLIM GROBOGAN

المجلس المنتدى المسلمون غروبوغان The Groboganese Moslems Community Forums
It is currently 23 Jul 2014, 10:53

All times are UTC + 7 hours





Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 
Author Message
 Post subject: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
PostPosted: 24 Nov 2008, 12:49 
Offline
Letnan Kolonel Virtual

Joined: 07 Nov 2008, 11:22
Posts: 101
:) aku hapus postingan pertama soalnya , ada kesamaan, maaf kemarin gak sempet lihat jadi double dech


Last edited by ririwati on 25 Nov 2008, 08:11, edited 2 times in total.

Top
 Profile E-mail  
 
 Post subject: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
PostPosted: 24 Nov 2008, 13:07 
Offline
Letnan Kolonel Virtual

Joined: 07 Nov 2008, 11:22
Posts: 101
Dimanapun kita berada sebagai umat beragama khususnya umat islam tetap mengakui manusia pertama adalah nabi Adam Alaihi salam dan ini tidak bisa dipungkiri oleh umat islam kecuali hatinya telah tertutup dan jauh tertinggal dari hukum2 dan ajaran2 dalam islam yang senantiasa berpegang kepada Alquran dan Hadist.Yang ingin di uraikan disini adalah dari mana asal sang manusia pertama itu ?semua tahu adam di ciptakan dari tanah,dan tentu kita berpikir apakah sang istri Hawa juga di ciptakan dari tanah ?dan apakah juga benar kaum Hawa berasal dari tulang rusuk pria ?

Kita sering mendengar cerita bahwa Hawa diciptakan daripada tulang rusuk Adam. Sehingga terdapat ungkapan yang mengatakan wanita dijadikan daripada tulang rusuk supaya yang dekat dengan hati dan supaya sering didampingi serta diingati dan bermacam-macam lagi. Begitu juga, hampir semua kitab-kitab tafsir menyebutkan kisah penciptaan Hawa dan menjadi asas kepada ulama tafsir ketika menjelaskan maksud ayat pertama surah al-Nisa’,dalam dalam ayat ulama mufasirin berbeda pendapat
“ Hai sekalian manusia,bertakwalah kepada TuhanMu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Allah menciptakan istrinya dan dari pada keduanya Allah memeprkembangbiakkan laki2 dan perempuan yang banyak.Dan Bertakwalah kepada Allah dengan mempergunakan namaNya kamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silatuhrahim, sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”( Anisa’ 1)
Dari ayat ini meurut mufassirin ialah dari bagian tubuh ( tulang rusuk) Adam a.s berdasarkan hadist riwasyah bukhari muslim.Disamping itu adapula yang menafsirkan yaitu dari unsur yang serupa yakni tanah yang sama dengan tanah untuk meciptakan adam.
Dalam kenyataannya tidak ada satupun ayat al-Quran dan Hadis Rasulullah s.a.w. yang jelas menyebutkan hakikat kejadian Hawa. Al-Quran tidak menyebutkan Hawa dicipta daripada Adam tetapi manusia itu dicipta daripada jiwa yang satu. Apa yang disebutkan di dalam al-Quran ialah manusia itu diciptakan daripada jenis yang sama dengannya juga. Seorang manusia tentunya ibu bapanya manusia juga bukan makhluk yang lain.

Sulit buat kita untuk memastikan dan mengambil satu kesimpulan bahwa Hawa juga diciptakan dari jenis yang sama sebab terjadi perbedaan dari para ahli tafsir dalam mengartikan arti dari tiap2 kata dalam Alquran yang pasti Allah yang Maha Tahu,tapi kalau kita sendiri berpikir tentu kita bisa mengerti sebab dalam surat Ar Rum juga di sampaikan tentang prose penciptaan Hawa yakni’
‘”Dan di antara tanda-tanda yang membuktikan kekuasaannya dan rahmatNya, bahwa Dia menciptakan untuk kamu (wahai kaum lelaki), isteri-isteri dari jenis kamu sendiri, supaya kamu bersenang hati dan hidup mesra dengannya dan dijadikanNya di antara kamu (suami isteri) perasaan kasih sayang dan belas kasihan. Sesungguhnya yang demikian itu mengandungi keterangan-keterangan (yang menimbulkan kesadaran) bagi orang-orang yang berfikir. (Surah Ar-Rum: 21)”
Bukan ***a manusia yang diciptakan perpasangan2 tapi binatang ternak juga di ciptakan berpasang2an ini bukti keadilan Allah.


Top
 Profile E-mail  
 
 Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
PostPosted: 24 Nov 2008, 13:12 
Offline
Letnan Kolonel Virtual

Joined: 07 Nov 2008, 11:22
Posts: 101
Yang mana ini berawal ketika Allah berfirman kepada malaikat akan menjadikan seorang makhluk untuk menajdi khalifah di muka bumi yaitu dalam surat al Baqarah ayat 30
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."
Melihat konteks ayat di atas sebenarnya manusia di ciptakan sebagai khalifah merupakan satu anugrah sebagai satu makhluk yang diciptakan lebih sempurna dari makhluk2 lainnya, dan sebagai khalifah juga mempunyai tanggung jawab yang besar bagi umat,dan alam sekitarnya.
Sehubungan dengan penciptaan manusia pertama di dalam Al-Quran terdapat di dalam beberapa surah yang kebanyakan ayat menyatakan bahawa manusia adalah dicipta daripada tanah. Sudah tentu penciptaan ini mempunyai tujuan tersendiri.Sebagaimana firman Allah yang artinya :

Dan Allah menumbuhkan kamu dari tanah dengan sabaik-baiknya. Kemudian Dia mengembalikan kamu ke dalam tanah dan mengeluarkan kamu(daripadanya pada hari kiamat) dengan sebenar-benarnya” Surah Nuh (71): 17 –18

Dari bumi(tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain” Suran Thaha (20): 55

Para ahli tafsir mengartikan ayat2 tersebut di atas bahwa aspek spiritual mengenai asal-usul kejadian manusia dari tanah ialah menekankan bahwa manusia akan kembali kepada tanah ketika mati. Selain itu para ahli tafsir juga mengartikan kepada hari dibangkitan manusia di hari penghisaban atau hari perhitungan
Banyak dalam Alquran kita temukan fase2 atau tingkatan2 awal penciptaan manusia Adam,yang coba ingin di paparkan disini
Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah ****tahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah( Al Hajj 5)


Top
 Profile E-mail  
 
 Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
PostPosted: 24 Nov 2008, 13:15 
Offline
Letnan Kolonel Virtual

Joined: 07 Nov 2008, 11:22
Posts: 101
Awal peciptaan manusia itu adalah sari sari pati tanah asli seperti dalam surat Al Mu’minun ayat 12. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Para ahli tafsir menafsirkan bahwa sari pati tanah itu sudah merupakan proses penyaringan dan bukan dari tanah biasa sebagaimana yang kita fikirkan. Ini sangat sesuai dengan kemuliaan yang diberikan oleh Allah S.W.T kepada manusia. Dari aspek lain dipaparkan juga adalah kebesaran Allah S.W.T dalam penciptaan makhluknya dan Dia sebagai Khaliqnya.
Dan dalam ayat lain di sebutkan peciptaan itu dari tanah liat dalam surat Asshaffat ayat 11. Maka tanyakanlah kepada mereka (musyrik Mekah): "Apakah mereka yang lebih kukuh kejadiannya ataukah apa yang telah Kami ciptakan itu?" Sesungguhnya Kami telah menciptakan mereka dari tanah liat(As-Shaffat 11).
Semua kita tau bahwa yang dikatakan tanah “liat” itu sifatnya menempel dan melekat bagai lem bisa di bentuk seperti apa mau kita coba saja kita bayangkan saat masih bermain2 di pinggir sungai dan membentuk tanah disekitar itu dengan tokoh2 lucu. Al-Qurtubiyy menguraikan bahwa pada dasarnya tanah liat ini tanah yang melekat atau menempel di antara satu sama lain,sehingga apabila menyatu tanah ini akan menjadi tanah yang keras .
Al-Qurtubiyy juga menerangkan di dalam tafsirnya bahwa manusia pertama yaitu yang dikaitkan dengan Adam dikatakan kekal sebagai satu komponen yang berbentuk tanah liat.Dan menempuh waktu selama 40 tahun sehingga sifat fisiknya berubah menjadi kering dan keras.
Dalam Alquran juga disebutkan kalau tanah itu berbau ini terdapat dalam surat Al hijjr ayat 26 “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. “
Dalam surat Ar-rahman ada lagi yang disebut dengan “tembikar”
“Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar” (Ar-rahman 15)
Dalam artian ini jelas kelihatan tanah yang di bentuk sudah keras sehingga bisa berdenting dan dapat menimbulkan suara yang bergemerincing ini menunjukkan bahwa saat nya Adam menjadi manusia yang lengkap sudah tiba. Dan ini dapat di katakan fase terakhir proses peciptaan adam sebagai manusia pertama setelah mengalami fase2 sebelumnya,disamping fase berikutnya adalah peniupan ruh.
Ini adalah fase terakhir proses penciptaan manusia pertama(Adam) dari aspek spiritual, setelah aspek fisiknya telah lengkap hingga ke tahap menjadi satu komponen wujud manusia. . Ruh mulanya masuk melalui hidung pada masa 40 th kemudian naik ke otak, kemudian mengisi kepala dan leher, kemudian turun ke dada dan pusat, kedua tangan dan kaki sampai tersebar keseluruh tubuh membentuk darah.
Allah menciptakan manusia dengan sempurna yaitu diberikannya bentuk tubuh yang baik, akal pikiran dan nafsu, kemudian manusia itu sendiri yang menentukan mampu atau tidaknya menggunakan pemberian Allah dengan baik (QS. Attin: 4-5). Ruh sebagai power untuk menghidupkan seluruh anggota badan, Akal sebagai alat untuk menerima ilmu pengetahuan atau untuk mengetahui hakikat sesuatu secara logis tanpa mempertimbangkan hal-hal yang irasional, anggota tubuh seperti panca indra yang hanya dapat merealisasikan secara indrawi tanpa mempertimbangkan pernghalangnya. Dari semua anggota tubuh manusia hanya Hati yang dapat menerima sesuatu yang mutlak dari Allah yang maha kuasa karena hati adalah sebagai tuan dari anggota tubuh, semua aktivitas anggota tubuh digerakkan oleh hati dan hati adalah Allah yang menggerakkan
Sepertinya hanya ini yang dapat di uraikan dan semoga ini bermanfaat adanya dan kalau ada salah kata dalam ;penyampain ini adalah kesalahan penulis semata,karena yang benar datangnya dari Allah.
Wallahualam
Sumber kutipan
Al_quranurkarim
Tasfsir Ibnu Katsir
Tafsir al-Qurtubiyy
Dan berbagai sumber lain.


Top
 Profile E-mail  
 
 Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
PostPosted: 25 Nov 2008, 08:08 
Offline
Kapten Virtual

Joined: 13 Oct 2008, 12:02
Posts: 41
:lol:
Di sini seraya bisa nyantri lagi nih...emang forum ini mak yus... tenan.
Tapi yang jadi masalah mbak banyak nih...anak-anak kita nggak begitu paham tentang Penciptaan Adam ini. Malahan mereka dicekoki hapalan pithecan thropus erectus, homo sapiens, ramapithecus afrikanus pokoknya teori manusia purba yang mengatakan nenek moyang kita bangsa kera ?!

Bagaimana ya kita menyikapi teori yang ngawur itu, tapi di bilang ilmiah ?


    Top
     Profile E-mail  
     
     Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
    PostPosted: 25 Nov 2008, 08:20 
    Offline
    Letnan Kolonel Virtual

    Joined: 07 Nov 2008, 11:22
    Posts: 101
    Nur Rejo wrote:

    Malahan mereka dicekoki hapalan pithecan thropus erectus, homo sapiens, ramapithecus afrikanus pokoknya teori manusia purba yang mengatakan nenek moyang kita bangsa kera ?!
    Bagaimana ya kita menyikapi teori yang ngawur itu, tapi di bilang ilmiah ?


      ilmu memang beragam mas, klo ilmu yang itu didapat secara geologi,
      mempelajari boleh tapi alangkah baikknya kita badingkan isi yang ada dalam teori tersebut dengan kandungan yang terdapat dalam Al quran.karena dalam alquran menerangkan semua yang ada di alam semesta ini mulai dari awal terbentukknya sampai kejadian dimasa yang akan datang.


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 25 Nov 2008, 08:32 
      Offline
      Site Admin
      User avatar

      Joined: 15 Sep 2008, 12:28
      Posts: 158
      Location: Jakarta
      ririwati wrote:
      :) aku hapus postingan pertama soalnya , ada kesamaan, maaf kemarin gak sempet lihat jadi double dech


      Kemarin aku juga asal tak merge - aja. Ee...ternyata 2 postingan sama.
      Never mind ...mbak, disini ada PM yang siap merapikan postingan.

      @dik Nur,

      Ya sudah lah bilang ma anak-anak itu, dihapalin aja biar nilai raportnya tinggi, dan kasih pengertian teori yang benar teori Adam.


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 26 Nov 2008, 07:41 
      Offline
      Letnan Satu Virtual

      Joined: 17 Nov 2008, 05:53
      Posts: 28
      betul mas,anak2 kt skg pelajaran emang begitu,tp ndak pa2 itu khan masalah pelajaran sekolah jd kt ortu yg hrs kasih pengertian klo manusia pertama dibumi adalah adam dan hawa.jdi inget sekolah dulu...sy dulu pernah bikin guru nangis masalah ini ..ktk guru jelasin masalh itu sy bantah itu tidak benar khan ada ayatnya bu....didlm alquran...bla bla......sy tetep ngotot krn dulu sy khan sekolah di Mts.......akhirnya bu gurunya marah...ini khan ***a pelajaran.....klo ngak mau ya udah....kt bu guru,,sy balik jawab ,,ngak bisa bu ntar klo ada pejaran ini trs ada pertanyaan mcm gini trs jawabannya apa?khan tidak sesuai dgn keyakinan kita.....trs guru keluar ngak mau ngajar lg.....datang dech bpk adnan jelasin klo ini ***a pelajarn jgn di samskan dgn keyakinan kt....bu gurunya tahu ngak? bu hanik istrinya kang dulwakid anaknya pakde sulaiman kp pasar.......mungkin mas edy kenal.....


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 04 Dec 2008, 21:59 
      Offline
      Letnan Kolonel Virtual
      User avatar

      Joined: 12 Nov 2008, 01:14
      Posts: 110
      Location: Kota Suci Mekkah Ksa
      maaf terlambat posting...
      Betul saya kenal dengan beliau...
      Kita memang perlu keyakinan tentang penciptaan manusia yang sesuai dengan al qur'an.
      Saya sangat faham dengan penciptaan manusia yang di awali dari sel sperma dan sel telur yang menjadi al aqoh, di tiup ruh di dalam kandungan, dan seterusnya setelah saya mengaji pada salah satu syeh di Mekkah dan lebih faham lagi setelah menyaksikan "debat, dialog antara Islam dan Kristen". (forum Arimatea).


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 06 Dec 2008, 19:18 
      Offline
      Site Admin
      User avatar

      Joined: 15 Sep 2008, 12:28
      Posts: 158
      Location: Jakarta
      :roll:
      Sebetulnya tentang Adam dan Teori Evolusi manusia purba sudah pernah saya bahas di beberapa forum, misalnya forum Prodi.
      Namun nampaknya masih ada ganjalan bagi kita untuk menolak teori evolusi tersebut .
      Hanya waktu yang bisa menunjukkan kebenaran itu
      Image


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 06 Dec 2008, 19:39 
      Offline
      Letnan Satu Virtual

      Joined: 17 Nov 2008, 05:53
      Posts: 28
      jadi itu nenek moyang kita?kayaknya ngak pantes dech.....kita manusia khan diciptakan oleh tuhan paling sempurna,,,,,ya khan.......


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 10 Dec 2008, 10:20 
      Offline
      Letnan Kolonel Virtual

      Joined: 07 Nov 2008, 11:22
      Posts: 101
      farrameyla wrote:
      jadi itu nenek moyang kita?kayaknya ngak pantes dech.....kita manusia khan diciptakan oleh tuhan paling sempurna,,,,,ya khan.......

      i agree ...


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 10 Dec 2008, 23:10 
      Offline
      Letnan Kolonel Virtual
      User avatar

      Joined: 12 Nov 2008, 01:14
      Posts: 110
      Location: Kota Suci Mekkah Ksa
      sangat setuju juga :flagoftruce:


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 05 Feb 2009, 13:05 
      Offline
      Letnan Kolonel Virtual

      Joined: 07 Nov 2008, 11:22
      Posts: 101
      ini postingan kok ditaruh disini, bisa bantu untuk di pindahin mas jupri?


      Top
       Profile E-mail  
       
       Post subject: Re: PENCIPTAAN MANUSIA PERTAMA DALAM ALQURAN
      PostPosted: 05 Feb 2009, 20:41 
      Offline
      Site Admin
      User avatar

      Joined: 15 Sep 2008, 12:28
      Posts: 158
      Location: Jakarta
      ---------
      dari pada pusing-pusing, aku delete aja mbak..... :falldownlaugh:


      Top
       Profile E-mail  
       
      Display posts from previous:  Sort by  
      Post new topic Reply to topic  [ 15 posts ] 

      All times are UTC + 7 hours


      Who is online

      Users browsing this forum: No registered users and 0 guests


      You cannot post new topics in this forum
      You cannot reply to topics in this forum
      You cannot edit your posts in this forum
      You cannot delete your posts in this forum
      You cannot post attachments in this forum

      Search for:
      Jump to:  
      cron

      Free Forums · php-BB© · Internationalization Project · Report abuse · Terms Of Use/Privacy Policy
      © Forums-Free.com 2009